Tips dan Trik Memilih Motor Bekas Supaya Tetap Dapat Barang Oke

Terkadang motor bekas sifatnya lebih solutif daripada motor yang baru. Anda sudah memiliki pemikiran ini maka pasti ada beberapa hal yang telah Anda pertimbangkan sebelumnya. Pasti ada suatu hal yang membuat Anda lebih mantap untuk membeli motor bekas daripada motor baru.


Terlepas dari apapun alasan yang membuat Anda lebih mantap membeli motor dalam keadaan bekas, ada beberapa tips yang sebaiknya diketahui. Tips yang akan membuat Anda lebih mudah menemukan motor dalam keadaan bekas yang masih bagus dan lebih oke. Mengetahui apa saja tipsnya akan membantu Anda tetap menemukan motor yang masih berkualitas meskipun sudah banting harga.

Tips Memilih Motor Bekas
Sebelum memilih-milih motor bekas di marketplace atau mengunjungi bursa motor, simak dulu apa saja tipsnya. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk memilih motor dalam keadaan bekas yang masih berkualitas dan tentunya layak pakai.

1. Mengecek Fungsi Panel Indikator dan Speedometer
Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah untuk melakukan pengecekan pada panel indikator dan speedometer. Siapapun yang menjual motor mereka dalam keadaan bekas, pasti akan memastikan motor dalam kondisi sebaik mungkin untuk dijual kembali.

Speedometer pada motor matic memang terkadang cepat rusak hanya karena kabel yang tidak terpasang. Hal ini rasanya tidak mungkin penjual motor membiarkannya begitu saja ketika menjualnya. Dengan hal ini pula bisa disimpulkan bahwa akan lebih baik jika Anda mengecek speedometer dan panel indikator.

Jika dua bagian ini tidak berfungsi dengan baik, pasti ada kesalahan fatal yang dilalui motor ini. Jika bukan kesalahan fatal, maka pastinya penjual akan membenarkannya terlebih dahulu sebelum menjualnya.

Dua bagian ini memang kemudian bisa diperbaiki secara mandiri. Namun akan membutuhkan biaya yang besar sehingga kurang pas saja untuk Anda yang membeli motor dalam keadaan bekas.

2. Mengecek Bodi Motor
Tips selanjutnya adalah untuk melakukan pengecekan pada bagian bodi. Jangan sampai Anda mendapatkan motor dalam keadaan bekas yang sudah ada banyak kerusakan atau baret pada bodinya. Karena, tentu saja meskipun skala motor, visual akan diutamakan. Pastinya Anda sendiri juga tak nyaman menggunakan motor dengan bodi yang sudah buruk.

Maka dari itu, jangan lupa untuk mengecek seluruh bagian bodi agar Anda mendapatkan motor yang tampilannya tetap oke. Setidaknya, kesan yang dimiliki motor tersebut bukan motor yang terlalu usang.

3. Mengecek Nomor Mesin dan Nomor Rangka
Anda juga bisa melakukan pengecekan nomor mesin dan nomor rangka. Tidak sulit untuk melakukan dua hal ini, namun akan ada perbedaan besar jika Anda memastikannya terlebih dahulu sebelum membeli motor dalam keadaan bekas.

4. Mengetahui Harga Pasarannya
Disarankan untuk mengetahui berapa harga pasaran dari motor yang akan dibeli. Jika hanya ada selisih sedikit dengan versi baru, maka akan kurang pas jika Anda tetap memilih dalam keadaan bekas. Membandingkan antara satu penjual dengan penjual lainnya yang menjual produk yang sama juga disarankan.

Dengan demikian, Anda bisa membandingkan kualitas dari keduanya serta mempertimbangkan harganya. Apa yang dicari memang motor masih dengan kondisi bagus namun dijual dengan harga yang murah. Namun agaknya mencari motor yang seperti ini akan sedikit sulit sehingga membutuhkan lebih banyak waktu.

Ternyata tidak sulit untuk mengaplikasikan tips dan trik memilih motor bekas di atas. Tidak masalah jika Anda harus meluangkan lebih banyak waktu, karena tujuannya adalah supaya motor yang Anda dapatkan tetap layak pakai dan masih berkualitas. Anda bisa tetap sesuai dengan tujuan utama Anda yaitu untuk bisa lebih hemat, namun yang didapat tetap barang oke.
Newest
Previous
Next Post »